Memasang Google Translate Pada Blog

Bismillah..
sekedar sharing tentang bagaimana cara memasang google translate pada blog agar halaman blog dapat diterjemahkan ke beberapa bahasa atau bisa di bilang ke banyak bahasa.
Berawal ide dari Mas Candra untuk tugas akhir saya, agar bisa diterjemahkan ke bahasa inggris lalu terpikir oleh saya untuk mengunakan google translate, lalu saya coba searching di google dan menemukan google translate tool untuk diletakan disebuah website agar bisa di translate ke berbagai bahasa dan tentunya bisa juga untuk sebuah Blog. silahkan kunjungi alamat disini. lalu ikuti langkah-langkahnya yang kurang lebih seperti berikut:
step 1: pilih tipe dari translation element-nya, disini saya memilih bagian yang atas yaitu "add translation to the entrire web". untuk yang bagian "add ranslation ti the section of the webpage" saya tidak tahu, karena saya belum mencoba, silahkan nanti di coba sendiri.

step2: pilih bahasa dari blog kita yaitu bahsa indonesia

step3: klik show optional setting lalu akan muncul option untuk memilih trsnslation languages disana kita bisa memilih all languages berarti pilihan bahsanya akan ditampilkan semua, atau specific languages yang berarti kita bisa memilih sendiri bahsa yang akan ditampilkan. dan pada display mode silahkan pilih sesuai keinginan.

step4: copy script yang ada pada kotak script, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:
setelah di copy maka pada blog kita pilih rancangan lalu pilih tambah gadged kemudian pilih HTML/Javascript lalu akan muncul kotak dialog, kemudian paste-kan script yang tadi kita cpoy pada dialog tersebut, lalu klik simpan, dan silahkan atur tata letaknya pada blog kita. selesai

hasilnya bisa dilihat pada blog saya..
tips: agar dapat diterjemahkan dengan baik, setiap akan menuliskan sesuatu pada blog kita, sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan baku, karen google translat tidak dapat mengenali bahsa yang tidak baku.
selamat mencoba...
wassalamu'alaikum...

Post a Comment